Momentum Menuju Perubahan

Judul di atas tidak serta merta mengindikasikan salah satu partai politik, lho.

Ini memang saatnya. Perubahan itu nyata, dan ada di depan kita. Besok, 180 jutaan rakyat Indonesia akan menggunakan hak suaranya untuk menentukan pemimpin masa depan. Tak hanya anggota DPR, DPRD, dan DPD, suara kita besok juga akan sangat menentukan parpol mana yang lolos parliementary threshold.

Ya, batas standar pengajuan Calon Presiden dari sebuah partai. Berbagai lembaga survei mengatakan ke-12 partai nasional (tidak termasuk 3 partai Aceh) mempunyai peta kekuatan politik yang cukup berimbang. Partai besar, seperti Demokrat yang pada pemilu terakhir memenangkan Pileg, tidak dijagokan lagi akan mengulang kesuksesannya.

Karena kita tahu sendiri, virus korupsi mulai menjangkiti partai yang didirikan SBY tersebut. Nah, momentum ini pasti akan dimanfaatkan partai-partai besar yang dulu bertengger di bawah Demokrat, seperti Golkar, PDIP, PKS, PKB, dan lainnya.

Saya menggarisbawahi, bahwa tahun 2014 ini peta politik semakin sulit ditebak. Publik cenderung berpikir dengan hati-hati untuk menimbang pilihannya besok Rabu. Walaupun terlihat dominasi beberapa partai kuat, tak lantas menjadikan partai menengah dan bawah diabaikan begitu saja.

Mari Terlibat

Namun, yang saya ingin sampaikan disini adalah keterlibatan kita. Semua orang yang sudah memenuhi syarat menjadi pemilih, mau tak mau harus terlibat langsung dalam pesta demokrasi ini. Bila kita acuh, jangan salahkan pemerintahan mendatang jikalau pemimpinnya tidak amanah / bobrok.

Memilih pemimpin yang amanah itu wajib, seperti kata khotib saat menyampaikan khutbah di Sholat Jum’at. Pemimpin yang amanah, “paling tidak” akan membawa kebaikan untuk dirinya sendiri, dan jika mampu akan menularkan kebaikan itu pada masyarakat yang dipimpinnya.

Dan untuk memulai perubahan, besok adalah waktunya. Jadi, jangan sia-siakan hak yang kita punya teman-teman, mari terlibat dalam pesta demokrasi !

Selamat mencoblos !

Tinggalkan kesanmu...